Selasa, 02 Juni 2015

PENGAMATAN JARINGAN HEWAN

PRE-LAB

1.      Sebutkan dan jelaskan minimal 3 perbedaan sel tanaman dan sel hewan!

Ada beberapa perbedaan pada sel tumbuhan dan sel hewan, yaitu :
1.      Sel tumbuhan memiliki dinding sel sedangkan sel hewan tidak memiliki.
Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan.Dinding sel pada tumbuhan terdiri dari selulosa yang kuat sehingga dapat memberikan songkongan, perlindungan dan dapat mengekalkan bentuk sel.Dindin sel juga berfungsi untuk menyongkong tumbuhan agar tidak layu (Sumardi, 2009).
2.      Sel tumbuhan memiliki butir plastisida sedangkan sel hewan tidak
Plastisida merupakan organel dari sel yang akan menghasilkan warna pada sel tumbuhan.Plastida ada tiga macam, yaitu yang berbentuk amilum (leukoplast), yang umumnya berwarna hijau (kloropalast), dan plastisida yang mengandung karoten (kromoplast) (Sumardi, 2009).
3.      Sel tumbuhan tidak memiliki lisosom sedangkan sel hewan mempunyai
Lisosom merupakan organel sel yang berupa kantrong yang terikat membran yang berisi enzim hidrolitik.Enzim hidrolitik merupakan enzim yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai keadaan.Fungsi untama dari lisosom adalah endositosis, fagositosis dan autofagi(Sumardi, 2009).
4.      Sel tumbuhan jumlah mitokondria relatif sedikit sedangkan sel tumbuhan relatif banyak
Mitokondria merupakan tempat terjadinya proses respirasi.Mitokondria terdapat banyak pada sel yang memiliki aktivitas metabolisme tinggi dan memerlukan banyak ATP dalam jumlah banyak(Sumardi, 2009).
5.      Sel tumbuhan bentuknya tetap karena dinding sel yang terbuat dari selulosa sedangkan sel tumbuhan bentuknya tidak tetap karena hanya memiliki membran sel yang keadaanya tidak kaku.
Dinding sel terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin, lignin, kittin, garam karbonat dan silikat dari Ca dan Mg.Dinding sel berfungsi untuk mengekalkan bentuk dari sel(Sumardi, 2009).






2.      Sebutkan dan jelaskan minimal 3 jenis jaringan pada hewan!
Jenis-jenis jaringan pada hewan, yaitu :
1.      Jaringan Ikat
Jaringan ikat merupakan jaringan yang berfungsi meilndungi jaringan dan prgan, serta mengikat sel untuk membentuk jaringan dan membentuk jaringan untuk membentuk organ.Jaringan ikat berdasarkan struktur dan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu jaringan ikat longgar dan jaringan ikat padat(Abdurahman, 2007).
2.      Jaringan Otot
Jaringan otot merupakan jaringan yang memiliki sifat kontrakbilitas dan relakbilitas.Jaringan otot berfungsi sebagai penggerak.Jaringan otot terdiri dari sel-sel otot yang apabila diamati dengan mikroskop memiliki garis gelap dan terang berselang-seling.jaringan otot berdasarkan struktur penyusunnya dibedakan menjadi tiga yaitu otot polos, otot jantung dan otot lurik(Abdurahman, 2007).
3.      Jaringan Saraf
Jaringan saraf merupakan jaringan yang tersususn atas sel-sel saraf atau neuro dan serabut saraf.Tiap neuron atau sel saraf terdiri dari badan sel saraf, cabang dendrit dan cabang akson.Fungsi dari jaringan saraf yaitu sebagai penghantar rangsang yang membawa rangsang dari reseptor ke otak kemudian diteruskan ke otot.Terdapat 3 macam sel saraf, yaitu sel saraf sensorik, motorik dan penghubung(Abdurahman, 2007).


3.      Berilahtanda (v) untuksetiapkomponen yang dimilikiolehselhewan
Komponen
SelHewan
Dindingsel
-
Plasma membran
V
Nukleus
V
Nukleolus
V
Ribosom
V
Endoplasmic retikulum
V
Aparatusgolgi
V
Lisosom
V
Mitokondria
V
kloroplas
-
Peroxisomes
V
Sistokeleton
V
sentriol
V

1.      Faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan stuktur jaringan hewan?

Pada hewan terdapat beberapa jaringan hewan yaitu jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan otot, jaringan saraf,dan jaringan penyongkong.Struktur dari masing-masing jaringan berbeda karena fungsi masing-masing jaringan berbeda dan sel penyusunnya berbeda.Selain itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan struktur jaringan hewan yaitu jumlah sel, jumlah lapisan sel, suhu sekitar dan bentuk epitelium(Sumarno, 2008).


2.      Jelaskan perbedaan hasil pengamatan anda!

Pengamatan yang sudah dilakukan merupakan pengamatan dengan mengggunakan dua preparat yaitu preparat darah dan preparat duodenum. Pengamatan pada sel darah yang dilakukan menunjukkan bahwa pada sel darah terdapat limfosit berwarna transparan, eritrosit berbentuk bulat dan berwarna merah dengan jumlah eritrosit yang lebih banyak daripada jumlah limfosit.Hasil pengamatan tersebut sesuai dengan literatur (Sardjono, 2008) yang menjelaskan pada sel darah terdapat plasma darah, sel darah merah (eritrosit) dan sel darah putih (limfosit).Sedangkan pada pengamatan duodenum didapatkan bagian dari duodenum yaitu membran basal, inti sel berbentuk bulatan, epitel silindris dan lumen.Hasil pengamatan yang dilakukan juga sesuai dengan literatur(Darmato, 2007) yang menyebutkan bahwa apabila dilakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop dengan preparat duodenum, maka bagian yang terlihat adalah membran basal, inti sel, epitel silindris dan lumen.Dari kedua preparat yang digunakan yaitu preparat darah dan preparat duodenum menunjukkan perbedaan bagian-bagian pada sel darah dan duodenum.


3.      Apa hubungan antara bentuk jaringan dengan fungsi dalam organisme hewan?

Jaringan pada hewan memiliki bentuk yang beragam.Keberagaman bentuk jaringan tersebut dikarenakan perbedaan sel penyusunnya.Karena sel penyusunnya berbeda, maka bentuk dari jaringan juga beragam.Keberagam bentuk dari jaringan hewan inilah yang dapat berkerja sama untuk membuentuk suatu fungsi fisiologi organisme hewan.Dengan kata lain, apa bila bentuk jaringannya sama, maka sel penyusunnya sama sehingga masing-masing jaringan tidak memiliki fungsi yang berbeda dan menyebabkan tidak terbentuknya suatu fungsi fisiologi(Warsito, 2007).

Kesimpulan

Pengamatan sel hewan yang dilakukan pada prinsipnya adalah mengamati bagian hewan di bawah mikroskop dengan perbesaran 40x kemudian perbesaran 400x.Tujuan dilakukannya pengamatan sel hewan ini adalah agar mampu mengamati struktur dari jaringan hewan serta agar mampu menggambarkan struktur jaringan hewan.Pada pengamatan sel darah hewan diketahui terdapat plasma darah, eritrosit dan limfosit.Sedangkan pengamatan pada duodenum diketahui terdapat membran basal, inti sel, lumen dan epitel silindris.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Vanila's World Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang